As Time Goes By…

Banyak orang bilang, bertambah tua umur kita, bertambah ilmu, kebijakan, juga perilaku kita. Dalam banyak kasus orang-orang yang saya temui, ya. Dalam banyak kasus orang-orang yang saya amati, ada yang tidak. Tapi ini bukan masalah. Toh saya baru hidup di dunia ini selama (hampir) 24 tahun, masih banyak hal yang tidak saya ketahui. Bahasanya, masih belum cukup makan asam garam kehidupan. Padahal kata-kata itu juga yang saya dengar waktu masih di bangku SMP. Pun waktu SMA. Pun waktu kuliah. Well, itu artinya, hidup itu sendiri adalah pembelajaran yang gak akan pernah berhenti.

Saya sendiri sudah lama tidak bertemu dengan orang-orang terdekat saya. Teman lama dari waktu SD, yang mukanya sebagian besar mungkin gak akan saya kenali sekarang. Sohib baca buku waktu saya di MTs, yang sekarang banyak sudah berprofesi sesuai minatnya. Ada yang jadi guru SD, ada yang jadi dokter, ada yang memutuskan enterpreneur sambil nge-band, dan lainnya. Mungkin yang agak mending adalah sahabat-sahabat waktu di MAN, satu tim inti OSIS yang Alhamdulillah masih sering kontak-kontakkan. Setidaknya mereka yang masih sering menjalin tali silaturahim setidaknya berkicau di grup wasap. Terkadang saya hanya bisa diam, bukan karena malas, tapi karena tidak tahu apa yang ingin saya  bahas. Karena ini pula, saya selalu berakhir sebagai silent reader di grup manapun yang memasukkan saya sebagai anggotanya. Mungkin kalau saya diam-diam left group kayaknya gak bakal ada yang nyadar. Dan terakhir, grup saat saya perkuliahan lah yang paling rame. Ada banyak. Seriusan banyak sampai saya mute semua, haha (maafkan dirikuh temans). Tapi terkadang hanya mengamati grup-grup tersebut, atau bahkan berpikir kembali tentang teman-teman lama yang sudah hilang kontak kadang jadi sendu. Haha, bukan mau berlagak dramatis, tapi saya cukup merenungkannya akhir-akhir ini.

Orang datang dan pergi di hidup kita. Dan kita pun menjadi bagian dari orang yang datang dan pergi di hidup orang lain. Jarak, waktu dan keadaan juga terkadang menjadi penghalang. Bahkan kontak-kontakan dengan teman semasa kuliah juga jadi canggung. Dan sekalinya ada yang ngontak, rasa senang bukan main. Tapi menjadi sedih kembali kalau ternyata dianya ada maunya aja, haha. Eits, percayalah teman, bukannya aku tak mau membantu, tapi kebanyakan orang yang mengontakku akhir-akhir ini cuma ada butuhnya aja. Bahkan ada yang lama tak bertemu dan tidak berbasa-basi terlebih dahulu. Duh, saya masih orang Indonesia yang masih mementingkan budaya basa-basi kok, haha. Dan percayalah, teman, ketika saya tak pernah mengontak siapapun juga bukan karena saya tak mau dan malas, sekali lagi, karena tak punya sesuatu yang harus saya bahas. Bisa-bisa, saya cuma dikacangin gara-gara cuma bilang apa kabar, hiks.

Seiring berjalan waktu juga, saya banyak melihat orang yang bertransformasi menjadi pribadi lebih baik. Saya terharu melihat ada teman yang berhijab. Saya senang mendengan kabar teman yang menikah dan bahkan ada yang sudah punya anak. Banyak sekali yang berubah menjadi pribadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dan saya kembali berkaca pada diri sendiri, yang rasanya makin menurun dan tidak membaik sedikitpun. Dan mencari orang dekat yang bisa diajak curhat, maksudnya secara face to face gak pake line call atau skype, gak ada. Ujung-ujungnya meratap di pojokan aja sambil gaes-gaes tanah pake jari ala manga, haha.

Ah apalah ini, saya jadi nulis gak jelas. Jadi intinya saya lagi baper dan kangen banyak orang yang mungkin gak ngangenin saya sama sekali. Sampai satu hari, beberapa minggu lalu, saya nulis di notes pribadi: Bagaimana jika semua orang mulai lupa dengan keberadaanku? dan diriku hanya menjadi seonggok daging yang bernama saja (mengutip quotes dari salah satu buku yang kubaca).

Kitakyushu, 1 Agustus

Hari panas, dan baper yang memuncak. Duh gusti, sing kuatkeun sim kuring.

3 thoughts on “As Time Goes By…

Leave a Reply

