#1 Intro: About Gaming Online

Katanya anak zaman sekarang sudah kehilangan masa-masa bermain yang seharusnya. Dulu waktu saya kecil, memang lebih banyak main outdoor. Dari mulai main petak umpet, lompat karet, sondah, bentengan, sampai main kucing-kucingan. Biasanya pas waktu jam-jam istirahat SD saya ikut main, sekalian menghemat uang jajan yang dikasih orang tua yang gak sebanyak anak-anak lainnya. Pun waktu jam istirahat, atau bahkan sebelum kelas mulai di sekolah agama, tak jarang saya ikutan main lompat karet. Dan saya masih ingat, karena tinggi badan saya yang dibandingkan sama teman lainnya cukup pendek, saya sering dijadikan anak bawang, alias pemain cadangan haha. Tapi kalau  sudah main kucing-kucingan, lari saya cukup cepat juga, jadi jarang sekali jadi the evil side alias si kucing sendiri. Ya, mungkin sebagian besar anak-anak yang lahir di era 80 atau 90 masih punya kenangan seperti itu. Pun jangan lupa kalau setelah main sore-sore, kita sering gabung dengan keluarga untuk nonton telenovela. Aneh memang, karena sebenarnya banyak adegan telenovela yang gak layak ditonton anak kecil. But thanks to lembaga sensor indonesia, masa kecil kita masih terselamatkan. Jadilah, yang lahir di era 90 an pasti gak akan lupa tokoh dulce maria, maria bellen, cerita amigos, bahkan sampai esmeralda.

Oke, stop chit-chatting about that, karena saya sebenarnya pingin ngebahas tentang zaman sekarang yang katanya anak-anaknya sudah gak mengenal permainan outdoor. Well, saya gak sepenuhnya percaya karena mungkin itu hanya berlaku buat anak kota. Buat anak kampung sampai sekarang mereka masih main outdoor kok hehe. Dan buat yang sudah jarang main outdoor, biasanya akan beralih bermain ke mainan komputer, atau gaming. Lebih parahnya lagi, kalau di rumahnya sudah di sediakan akses internet, pasti anaknya yang suka nge-game biasanya kecanduan game online. Nah, ini yang sering jadi masalah. Tidak sedikit saya dengar tentang banyaknya anak yang kecanduan game sampai lupa waktu. Lupa makan (parah banget ini), lupa tidur (kalau udah keasyikan emang begitu), paling parah lupa kalau dia sebenarnya masih hidup di dunia nyata. Ngeri banget memang kalau orang yang sudah kecanduan tingkat tinggi.

Tapi, terlepas dari segala kabar jelek itu, saya sebenarnya kagum sama programmer game, apalagi game RPG (Role Playing Game). oke, disini saya batasi sampai game RPG. selain harus menangani program, harus memperhitungkan juga grafis dalam game, dari mulai karakter, leveling up karakter, surrounding graphic, membuat map dunia maya. Dan juga jangan lupa dalam game RPG, story dibangun untuk leveling up, belum lagi quest dari NPC (Non Player Character), dan juga item-item yang jadi hadiah tiap kali quest clear. Belum lagi memperhitungkan monster yang bakal dibuat, boss, level tiap boss, dan seterusnya. Saya jadi teringat waktu dulu diberi tugas di kuliah pemrograman membuat game text-based. Tapi dari game text-based, kita harus memperhitungkan populasi, quest, dan lain-lain. Saya yang waktu itu tidak se-ngeh itu sama game, bener-bener cengo. yang ada, berasa nyerah di awal. Tapi, begitu sekarang ngerti, rasanya pingin balik lagi ke waktu itu dan menyelesaikan program game nya.

Oke, seems fishy, menyelesaikan program game? yap. Sempat kepikiran dulu pingin banget jadi programmer game di Sony. Kenapa lagi sony? soalnya satu-satunya perusahaan yang saya kenal pas waktu saya kecil, dan game nya saya mainin. Haha, random.

Tapi yang jelas, setelah generasi RPG dikenal masyarakat luas, kini banyak yang mengangkat tema game kedalam cerita. seperti sword art online, atau accel world, atau log horizon (anime semua memang haha), dan masih banyak lagi (yang gak terlalu terkenal, tapi cuma dikenal sama orang-orang hardcore aja juga ada haha). Dan karena itu juga, saya menambahkan satu page terpisah untuk dunia game😀.

Stay calm and keep gaming –> but dont forget your time and responsibility in the real world😀

Leave a Reply

