#2 Toram Online: Departure from Iruna

Jadi toram online ini adalah versi lanjutan dari Iruna Online yang lebih dulu dirilis oleh perusahaan yang sama dari Jepang, ASOBIMO, Inc. Saya akan ceritakan versi Toram dan versi Iruna nya.

Untuk yang bermain Iruna online terlebih dahulu, akan merasakan perbedaan dari segi grafis dengan jenis monster yang hampir sama. Mari kita bahas satu persatu dari Iruna online.

    1. Iruna Online
        yang paling pertama adalah saat download game ini. Karena saya pakai server jepang, dan tidak otomatis detect device language, jadilah saya instal dalam bahasa jepang. tersiksa banget soalnya semua petunjuk, percakapan, dan story pun dalam bahasa jepang. aargh.
        Dalam chara-creation untuk android version (saya belum coba yang iOs version), dibagi dulu kedalam 3 world yang membedakan servernya:
      1. world 1: パルル (Paruru (?) atau Palru mungkin ya) dibagi kedalam 5 server: Specia, Flammel, Wasseria, Stormia, dan Erdas. Nama nama itu nantinya ada yang dijadikan sebagai nama god di Iruna online. Saya coba buat chara di world 1 server Erdas. Sama aja sih sebenarnya kalau dari chara design. Tapi harus cek-cek forum biar tahu server mana yang gak lagi penuh biar mainnya juga lancar haha.
        world 2:ミスルナ (Misuruna atau Mithrna kali ya) dibagi kedalam 3 server: Ulmas, Dunkelis, Oritius.
        world 3:ダルカン (Darukan atau Dulcan mungkin) dibagi kedalam 5 server: Ulmas, Dunkelis, Oritius, Vertria, Friedous.
        Skrinsut Iruna Online di level 8 saya haha:

Screenshot_2015-09-11-14-08-56

        jenis monster yang ada di Iruna paling lemah adalah Lv.1 Colon, Lv.2 Choco, dan makin ningkat. Nah ini yang beda banget mencolok sama toram nantinya.
        Yang paling harus diperhatiin katanya sih harga crystal di iruna mahalnya ampun dibandingkan toram.  well, saya nyerah main iruna karena nihongo nya sih, seandainya gak semua nihongo, setidaknya saya masih bisa terus. Tapi kalau sampai story nya nihongo,saya palingan ngabis-abisin waktu keliling map nya saja haha. sistem party, guild, friend, dan lainnya sama untuk semua game. Tapi yang membuat saya kesal adalah item bag yang gak banget gak rapinya.
    1. Toram Online
        Mungkin evaluasi yang banyak dari iruna online, untuk toram online ASOBIMO membuat graphic interfacenya lebih kece. Perubahannya luar biasa sih kalau saya bilang. walaupun sedikit lebih berat dari iruna, tapi user juga puas haha. Bedanya di toram, sampai saat ini untuk chara creation tidak dibagi kedalam beberapa world dan server (mungkin karena masih baru), dan hanya terfokus pada skill chara. Ada 4 skill sejauh ini:
      1. – Sword: level easy dan memang kayaknya banyak banget yang terpengaruh anime SAO jadi  milih sword sebagai skill utama. Seriusan untuk beginner skill sword ini sangat mudah.
        – Bow : level normal. Untuk yang nyari skill yang cepet untuk dipelajari, bow memang tepat.
        – Staff : level hard. Staff bisa dibilang juga kayak mage, yang casting spell dll. Memang sulit sekali, apalagi kalau masih level rendah haha.
        – Knuckles: level easy. Semudah pakai pedang, tapi saya kurang suka soalnya gak kece. Pakai sarung tinju untuk melawan monster.

ToramOnlineScreenshot2015_08_21_09_54_05

      setiap player dibekali 3 slot character yang gratis (saya lupa dari awal apa harus sampai level tertentu dulu. kalau gak salah sampai level 30 an dulu baru dapat 2 slot tambahan). Saya sampai saat ini pakai 3 chara berbeda skill: sword, bow, dan staff. Tentu, yang paling tinggi levelnya saat ini adalah sword skill. Tapi, setiap chara bisa mempelajari skill baru. Misalnya, skill utama sword dan skill tambahan saya adalah magic skill (combat skill), smith skill(additional), dan priest skill (supporting skill). Dan akhir-akhir ini menyadari nyesel banget mempelajari priest. Gak terlalu kerasa berguna, sayang-sayang uang saja haha.
      Dan seperti yang telah saya bilang tadi, graphic interface toram bagus banget dibandingkan iruna. Tapi kayaknya programmernya copy beberapa algorithm kayak quest story dan mosnter. Untuk quest story, hampir sama sequence nya. Dan beberapa monster yang sama banget ada colon, tapi tampilannya lebih mungil dan bagus, ada juga lafy yang menurut saya monster paling lemah haha. Tapi, memang tagline untuk toram dari awal adalah departure from iruna, jadi wajar dan sah-sah saja. toh satu perusahaan.
    yap, itulah sedikit ulasan saya di toram dan iruna online. Kalau ada salah-salah, saya masih beginner di game ini, jadi maafkan haha.

2 thoughts on “#2 Toram Online: Departure from Iruna

Leave a Reply

