Encounter Problems with Windows 10? Yes I did!!!

Sebenarnya sudah lama pesan pop up dari microsoft itu muncul, menawarkan upgrade ke windows 10. Saya yang baru beberapa bulan ini memakai windows 8.1 (well, memang agak telat), agak ragu untuk ugrade. Alasan paling besar: kayaknya gak mungkin full gratis. Alasan kecil: saya masih senang pakai win8 yang tampilannya agak ribet sebenarnya, tapi tetep kece. Dan setelah baca beberapa tulisan dari orang-orang tentang win10 yang full gratis, dan melihat iklan microsoft yang menunjukkan win10 oke punya, saya pun jadi tertarik. Mulailah saya download upgrade-an nya pada sabtu malam. Tapi karena internet di kos-an gak oke, dan progress download semalaman hanya 1%, saya pun lanjut download di kampus pada hari minggunya. kayaknya kurang dari 1 jam, 3 GB upgrade win10 telah terdownload. Saya pun mulai upgrade. Untung saja saya pakai wifi kampus yang super cepat, jadi upgrade gak terlalu makan waktu banyak.

winedge

tampilan microsoft edge

Rasa penasaran untuk segera oprek win10 langsung dilakukan setelah upgrade selesai. Hmm, tampilannya lebih sederhana dari win8. Kalau boleh berpendapat, kayaknya microsoft dapet ide win10 setelah uji coba menggabungkan win7 dan win8 UI. Dan rupanya sekarang mereka launching browser yang disebut microsoft edge. Tapi karena saya lagi-lagi lebih senang sama chrome,si edge ini jarang saya gunakan. Dan hari itu saya seharian sampe sore shutdown laptop karena berencana sepedaan sore-sore.

Malamnya, saat mau browsing, internet kosan kembali gak lancar. Padahal di hp masih connect, dan saya masih bisa main game dengan lancar. Artinya internet cukup cepat malam itu. Tapi laptop gak mau nyambung ke internet. Saya pun dengan kesal menyerah dan menutup laptop saja. Lagi-lagi nyalahin koneksi di kosan yang gak cukup oke. Tapi, karena esoknya lagi-lagi begitu sampai dua hari berturut-turut, saya pun curiga. Ini apa gara-gara internet kosan, atau laptop ada yang gak beres? Saya pun hari ini pergi ke lab lagi untuk menguji kecurigaan. Kalau internet kampus harusnya bisa nyambung, itu ide saya.

Eh, ternyata masih tidak nyambung juga, padahal katanya internet access: available and connected. Saya kesel banget pake beberapa browser tapi gak nyambung juga. Oke, berarti ada yang salah dengan si laptop. Saya pun browsing dengan hp, dan nemulah masalah sama dengan banyak orang. Katanya: after upgrading to windows 10, can’t connect to wifi. Nah!! rupanya setelah upgrade masalahnya. Sama banget. saya pun merasa agak nyesel upgrade, apalagi setelah baca artikel yang bilang windows10 masih banyak bug nya. Bahkan versi yang luncur sekarang katanya mash versi alpha. Oh NO. Tapi, karena masih percaya ada solusinya, saya pun tetap browsing bagaimana caranya mengatasi masalah ini. At least, saya bisa balik nyambung ke wifi lagi. Saya pun buka internet and sharing options. Aneh, bermenit-menit si setting itu gak memunculkan apapun. Bener-bener ada yang gak beres. biasanya saya mengandalkan troubleshoot biar laptop bisa reset adaptor sendiri. Arrgh tapi ngebuka internet option aja gagal. Gak hanya itu, bahkan masalah lainnya yang saya temui setelah upgrade adalah saya gak bisa save remove hardware untuk USB dan hardisk eksternal. Jadinya saya asal cabut saja saking kesalnya. Perasaan spek laptop ini gak jelek. prosesornya juga gak lemot. Arrrgh lagi lagi kesel. Dan setelah berbagai cara dicoba sendiri, saya kemudian nemu di internet tentang masalah wifi ini. Dan voila!! cara ini berhasil!

Untuk mengatasi ini, ada dua cara: pakai command prompt atau manual pergi ke regedit.

Cara 1: Lewat Command Prompt

  1. Buka command prompt as admin dengan cara: klik kanan di windows, klik command prompt (admin)
  2. Ketikkan: reg delete HKCR\CLSID\{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f . Tujuan dari command ini adalah untuk menghapus file 988blabla dari registry. tekan enter.
  3. Setelah itu ketikkan: netcfg -v -u dni_dne. tekan enter lagi. harusnya ada tulisan uninstall dni_dne…
  4. restart pc dan berdoa semoga semuanya baik-baik saja.

Nah ada beberapa yang bilang command nya gak jalan. Kalau itu kasusnya, ganti HKCR dengan HKEY_CLASSES_ROOT. Sejatinya si HKCR adalah command registry untuk hkey classes root. Di kasus saya, HKCR gak jalan, katanya dia gak nemu file yang mau dihapus. well, terserah deh, batin saya. Haha. No, kidding. kalau itu terjadi, pakailah cara 2.

Cara 2: Pergi ke Registry Editor manual

Cara ini makan waktu, seriusan. Tapi demi baliknya kehidupan internet, apapun dilakukan.

  1. Ketikkan run sampai muncul jendela run lalu ketik regedit. Atau simplenya ke search the web and windows lalu ketikkan regedit. Muncullah si jendela registry editor.
  2. Cari di HKEY_CLASSES_ROOT > CLSID lalu carilah file 988248f3. Atau, buat ngehemat waktu, tekan ctrl+f dan ketikkan 988248f3. Kalau ketemu, delete filenya. Di kasus saya, saya pakai ctrl+f gak jalan, haha.
  3. Setelah di delete, pergi ke command prompt as admin, ketikkan: netcfg -v -u dni_dne. enter
  4. restart pc dan berdoa semoga semua baik-baik saja.
winedge

All things well ended well. Internet nyambung lagi

Alhamdulillah di kasus saya, setelah restart (prosesnya agak lama dikit dari biasanya), saya bisa konek ke internet lagi. Rasanya lega banget. Lalu saya coba buka internet option and sharing bla bla bla, ternyata bisa kebuka sekarang. Saya coba lagi dengan beberapa browser, semua jalan. Oke, problems fixed. Satu lag yang saya coba adalah save remove hardware. Saya coba colokkan usb, dan alhamdulillah sekarang bisa save remove hardware. Well, 3 cases solved.

Memang, win10 ini masih banyak bug dan error-error. Tapi harus saya akui dengan UI yang lebih oke running nya gak berat (eh tapi tergantung prosesor PC masing masing haha). Tapi, 1 lagi yag aneh adalah saya gak menemukan paint. Saya sering banget pake paint karena sering skrinsut dan edit gambar di paint, haha. Jadilah saya ikutin saran di internet lagi. katanya buka run lalu ketikkan mspaint. Wew, ternyata jalan. Jadi, sekarang aplikasi paint memang bukan main application di win10 karena mereka pasang yang lebih baru, fresh paint. Tapi saya tetep lebih suka paint biasa, haha.

Setelah menemui beberapa masalah di windows 10 ini, ada hikmah yang bisa kita ambil: gak ada yang sempurna di dunia ini. Apalagi cuma sebuah program buatan manusia. Makanya ada upgrade untuk memperbaiki semua ketidaksempurnaan ini.

Well, abaikan. Intinya, kedua cara tadi insyaAllah bisa bantu siapapun yang menghadapi masalah sama.

Leave a Reply

