tidur efektif, efektif beraktivitas

Tidur bayi yang pulas

Berasal dari pengalaman pribadi yang membuat malu berlipat-lipat, kali ini saya mau men-share sebuah info penting tentang aktivitas dan tidur. Pengalaman memalukan ini terjadi ketika saya ada di ruang seminar mendengarkan presentasi dari teman-teman lab tentang research nya. Sayangnya, presentasinya dalam bahasa Jepang, guys! sebenarnya ini bukan hal baru, karena memang beberapa orang jepang disini belum terlalu lancar bahasa inggris, bahkan kalau saya lagi ngobrol sama mereka, terkadang mereka ngobrol sambil bawa alat semacam alfa-link. Oke, bahasan tentang itu udah dulu. Nah, waktu presentasi berlangsung, saya merasa sangat ngantuuuk sekali. Memang, semalam saya tidur jam 1 kurang, tapi kalau diingat-ingat waktu dulu di Bandung, saya sering tidur malam dan bangun pagi banget. Lah, disini, saya tidur malam banget atau tidak, pasti bangunnya sekitar jam 6 an (disini sudah mulai akhir musim gugur, jadi subuh jadwalnya sekitar jam 5.30). Meskipun sejak zaman S1 saya selalu dikenal orang untuk tidur dimana saja, kapan saja, oke.

Karena itulah saya jadi bingung, apa yang salah ya? cuaca memang jelas berbeda, tapi saya rasa aktivitas yang saya jalani hampir sama. Oke, memang kerja otak lebih berat sih, haha. Tapi, apa se ekstrim itukah sampai-sampai waktu  6 jam sekarang tidak cukup dipakai untuk tidur? Setelah searching-searching berbagai sumber, ternyata tidur itu bukan masalah yang simple, kawan! bahkan ada berbagai macam tidur. Sampai saat ini saya hanya mengenal istilah REM (Rapid Eye Movement) yaitu kondisi disaat tidur kita nyenyak. Dan sampai saat ini saya percaya bahwa tidur lebih dari  7 jam di usia saya yang sekarang itu keterlaluan, haha. Padahal ternyata setiap jenjang usia terdapat jam efektif untuk tidur.

Untuk tipe-tipe tidur, ternyata sebelum REM, ada NREM (Non Rapid Eye Movement).

1) Pola tidur biasa / NREM

Pada tahap ini, katanya kita sudah bermimpi, tapi kita tidak dapat mengingat mimpi itu. Jadi intinya mimpi saat NREM tidak masuk ke memori. Saat tidur NREM, tekanan darah, metabolisme, kecepatan pernafasan juga menurun. Mungkin sekejap tidur dalam beberapa menit atau tiba-tiba tertidur saat mengerjakan tugas adalah termasuk NREM. Tapi, ketika tidur kita sudah semakin nyenyak, hal lain lagi.

2) Pola tidur nyenyak / REM

Pada tahap ini, selain tekanan darah kita berubah, gerakan mata cepat, mimpi yang kita alami juga bisa masuk memori! Saya jadi teringat mimpi makan bareng sama bapak Susilo Bambang Yudhoyono a.k.a SBY dan Jajang C. Noer, artis yang sangat terkenal itu, haha (ya mungkin suatu saat itu bukan mimpi, makan bareng orang-orang hebat). Berarti, saat itu saya mengalami tidur REM.

Dan ternyata, tiap tahap usia, kita mempunyai jatah tidur atau sering kita sebut jam biologis kita sendiri. Memang, jam biologis ini dipengaruhi oleh cuaca, tempat, usia, kebiasaan, makanan, dll. Wah, memang banyak faktor. Nah, untuk jam biologis ini, ada kategorinya menurut usia:

1. Bayi

  • Pada malam hari kira-kira tidur 8-10 jam.
  • Usia 1 bulan sampai dengan 1 tahun kira-kira tidur 14 jam/hari.
  • Tahap REM 20-30 %.

2. Toddler

  • Tidur 10-12 jam/hari
  • Tahap REM 25%

3. Preschooler

  • Tidur 11 jam pada malam hari
  • Tahap REM 20%

4. Usia sekolah

  • Tidur 10 jam pada malam hari
  • Tahap REM 18,5%

5. Adolensia

  • Tidur 8,5 jam pada malam hari
  • Tahap REM 20%

6. Dewasa muda

  • Tidur 7-9 jam/hari
  • Tahap REM 20-25 %

7. Usia dewasa pertengahan

  • Tidur ± 7 jam/hari
  • Tahap REM 20%

8. Usia tua

  • Tidur ± 6 jam/hari
  • Tahap REM 20-25 %
  • Tahap IV NREM menurun dan kadang-kadang absen
  • Sering terbangun pada malam hari

Nah, itulah sekilas tentang tidur. Karena untuk sekarang saya kategorinya ada di dewasa muda, jadi sebenarnya masih oke nih tidur 7-9 jam, haha. Tapi tetap tidak baik tidur lama-lama. Selain menghabiskan waktu, tidur terus di cuaca musim dingin membuat kita tidak ingin meninggalkan tempat tidur, haha😀

Tapi kalau kita bisa memanage tidur dengan baik, bukan hanya tidur menjadi efektif, tapi juga bisa membuat aktivitas kita maksimal pada siang hari. Selamat tidur efektif!

sumber: paling banyak dari https://beequinn.wordpress.com/nursing/kebutuhan-dasar-manusia-i-kdm-i/kebutuhanistirahat-dan-tidur/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s