Fukuoka e Youkoso!!!

fantastic Fukuoka

fantastic Fukuoka

Fukuoka e Youkoso!!! haha. Mencoba berbahas Jepang sedikit lah… yang artinya adalah Welcome to Fukuoka! Yap, Fukuoka, sebuah daerah di Pulau Kyushu, Jepang, dan Fukuoka adalah salah satu prefektur di pulau ini. Kamis lalu saya sampai juga di salah satu negara yang ingin saya kunjungi sejak saya masih kecil, Jepang, setelah sebelumnya merasakan udara Korea karena harus transit di bandara Incheon. Saya pergi kesini sayangnya bukan untuk jalan-jalan (yaaah… ~) tapi untuk melanjutkan studi S2 di Kyushu Institute of Technology (orang-orang sini menyebutnya Kyukodai). Tapi, pertama datang ke Fukuoka, bukannya istirahat, malah diajak berkeliling lab dulu, kenalan sama orang-orang lab, membuat stempel yang subhanallah jauhnya (kami jalan kaki). Kami? oya disini ada sistem tutor untuk orang asing seperti saya ini. Tutor ini adalah orang Jepang asli yang nantinya membantu kita dalam cari apato (kosan lah yaa), daftar ke kantor kota sebagai warga pindahan, membuat stempel, mendaftarkan alamat pos ke kantor pos, membuka akun bank, dan segala macam nya. Subhanallah lagi, tutor saya yang bernama Okada-san baiknya gak tanggung-tanggung.

Yap, hidup di negara orang gak semudah dan seindah yang dibayangkan. Selain karena perbedaan bahasa dan kultur, bagi saya faktor lainnya adalah money shock (berlagak bikin istilah baru selain culture shock). Yap, karena kurs mata uang rupiah kita masih tergolong lemah dibanding negeri sakura ini, jadilah setiap beli saya mencoba untuk tidak mengkonversikannya kedalam rupiah. Karena akan terasa lebih nyesek kalau saya hitung-hitung. Bahkan harga apato saja ngebuat pingin nangis (padahal dulu nge kos di Pelesiran yang murah bingits dibandingkan disini).

Karena disini tidak ada angkot, orang-orangnya kalau tidak kereta, bis, sepeda, atau jalan kaki. Nah, karena untuk sekarang saya tidak punya

DImana-mana parkir sepeda sudah biasa dan Insya Allah aman

DImana-mana parkir sepeda sudah biasa dan Insya Allah aman

sepeda, jadi kemana-mana jalan kaki (bahkan ke kantor kota juga huhu padahal jauuuh banget). Bersyukurlah yang di Indonesia kalau mau kemana-mana ada angkot yang bisa nyelusup manapun haha. Tapi, karena itulah, disini tidak pernah ada yang namanya macet. Saya juga heran padahal jalan nya cukup jauh tapi orang-orang lebih suka jalan kaki dibanding membawa mobil pribadi meskipun mereka punya. Ckckck. Dan lebih kerennya lagi, taat rambu-rambunya itu loh yang gak ketulungan. Meskipun gak ada mobil, orang-orang yang nyebrang gak berani nyebrang kalau lampu pejalan kaki belum hijau. Begitu juga dengan mobil. Meskipun jalanan lengang, mereka yang nyetir mobil gak berani serabat-serobot kalau lampunya belum hijau.

Satu lagi yang saya suka dari kota ini, iklimnya masih seperti iklim Bandung hehe. Mungkin karena masih permulaan musim gugur lah ya, jadi gak terlalu panas dan juga gak terlalu dingin. Tapi, karena kota ini letaknya di selatan, jadi kata orang-orang sini salju sedikit turunnya waktu musim dingin. begitu juga dengan gempa bumi, agak jarang dibanding kota lainnya. Disini taman masih banyak dan suasana kampus sangat hijau seperti di ITB dulu. Saya cukup terkesan juga dengan pelayanan publik disini yang total dan iklan publik yang menarik. Contohnya saja aturan membuang sampah dibuat kedalam kartun dan sangat mudah dipahami. Tapi, jangan harap orang-orang sini mau memakai bahasa inggris (kalau saja gak ada tutor mungkin saya sudah celingukan), karena meskipun mereka tahu kita orang asing, mereka tetap menyapa dan mengobrol dengan bahasa Jepang.

Informasi buang sampah bung pake kartun

Informasi buang sampah bung pake kartun

One thought on “Fukuoka e Youkoso!!!

Leave a Reply

