tahun keempat ternyata kawan

Kalau diizinkan untuk berteriak, mungkin saat ini juga saya akan berteriak dengan suara lantang sambil memejamkan mata. Waktu berjalan cepat, ternyata. Sebenarnya, dari awal semua tahu bahwa waktu itu bukan sesuatu yang abadi. Dia makhluk, yang suatu saat memiliki masa akhir. Dan makhluk bernama waktu di ITB ini telah menunjukkannya padaku tentang ketidakabadiannya. Saya berada di tingkat empat, tingkat penghujung untuk semua anak manusia yang memiliki gelar mahasiswa. Tingkat dimana kami diuji pada suatu tugas akhir yang memiliki popularitas sebagai tugas berat, tugas yang menyeramkan, tugas yang membuat kepala pusing sampai tak bisa tidur bermalam-malam.

Ternyata saya berada di tahun keempat, kawan.

Mungkin itu juga yang membuat saya kembali berpikir mengenai mimpi yang pernah saya tautkan sejak saat TPB. Mungkin hanya beberapa mimpi yang baru saya capai sejak saat itu. Lalu saya pikir, kalau tidak sekarang, kapan lagi saya bisa memenuhi mimpi itu. Janji terhadap diri sendiri, sehingga mau tak mau saya harus memenuhinya sebagai konsekuensi. Tapi ap yang telah saya lakukan sampai sekaran? Sungguh sebuah renungan yang membuat saya kembali berpikir, berpikir, dan berpikir.

Tapi ini saatnya bergerak!

saatnya membuat kenyataan tahun keempat ini tidak berakhir hanya sebagai renungan. Saatnya bergerak mencari beasiswa ke negara sakura yang telah menjadi impian sejak dahulu kala. Saatnya juga saya mengerjakan esai transportasi demi mengejar hadiah utama ke Korea. Saatnya saya mulai memikirkan topik TA yang harus saya penuhi selama dua semester kedepan. Saatnya saya harus bergerak. Karena saya tahu, ini adalah tahun keempat, kawan.

Leave a Reply

