way of life: tentukan dari sekarang!

Sudah dari sejak lama sekali saya ingin menulis tentang hal ini. Mengapa harus tentang jalan hidup? hm… karena mungkin tidak semua orang menyadari tentang jalan hidupnya sendiri. Atau karena banyak juga orang yang iri dengan teman atau lainnya karena merasa jalan hidup mereka lebih baik dan lebih beruntung. Setelah itu, kebanyakan langsung mempertanyakan, apakah memang jalan hidup itu sesulit ini?

Ada satu kata yang saya pelajari dari sejak dulu, meskipun sulit untuk diterima, yaitu setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing. Mungkin goal yang dicapai antara orang A dan orang B mempunyai kesamaan. Contoh kecilnya keduanya punya goal untuk bisa sekolah sampai universitas. Sayangnya jalan untuk mencapai itu bagi keduanya akan sangat berbeda. Mungkin ada yang lebih mudah masuk, mungkin yang lainnya harus lebih bersusah payah untuk mencapainya. Pelajaran ini saya dapatkan sendiri dari beberapa perlombaan yang saya ikuti, termasuk program PPAN kemarin. Memang, sampai sekarang saya mungkin belum bisa mendapatkan hal yang menjadi goal saya, tapi saya yakin sekarang saya sedang berjalan pada jalan hidup saya sendiri, my own way.

Mungkin tidak cukup menyadari jalan hidup sendiri. Setidaknya dari sekarang harus sudah menentukan strategi untuk berjalan menempuh goal tersebut. Sebuah pertanyaan yang cukup sulit memang. Seperti teka-teki yang belum bisa saya pecahkan juga karena saking sulitnya. Mungkin seperti pertanyaan klise, tapi memang benar penting sekali. Tentukan dari sekarang strategi way of life-mu!

 

Leave a Reply

