my all-day sunday was cleaning

Mungkin beda ceritanya kalau saya diterima jadi panitia titian karir terpadu. Mungkin saya akan pulang dengan keadaan capek (kayaknya) tapi senang karena dapat fee. Lain dengan kenyataannya, saya hari ini juga hampir out of stamina, dengan seabrek pekerjaan bersih-bersih yang menanti. Mulai dari Kerja Bakti yang diinisiasi sama KM-SBM, terus piket asrama, terus cuci baju dan lain sebagainya. Dan sebelumnya harus nge-mentor di Mabit Spiritual Camp AAEI sampai sekitar jam sepuluh. Tapi nyatanya saya baru selesai jam setengah sebelas haha. Alhasil, tidur baru sekitar jam 12. Yah, itu mah sih udah biasa sebenarnya (sok mahasiswa banget).

Bangun pagi, ngementor lagi jam setengah enam sampai jam setengah tujuh. Untunglah, saya kebagian kelompok yang tidak terlalu banyak angkatan 2010 nya. Dan seenggaknya gak kebagian ngementor 2009. Fiuuhhh -_- Dan Alhamdulillah semua anggota kelompoknya bisa diajak diskusi, tidak pasif. Sampai jam setengah tujuh itu, habis mereka hafalan, saya diajak untuk memenuhi undangan bersih-bersih dari KM-SBM. Kata-kata memenuhi undangan itu lho yang ngebuat temen asrama saya ketawa terus. Ceritanya, waktu kami datang ke Taman Ganesha buat bersih bersih, kami kan bingung musti mulai atau tidak. Ya sudahlah saya beranikan diri buat nanya ke anak yang kayaknya mahasiswa ITB (dan memang benar). Terus, saya malah tanyanya: “Mas, kita di undang buat bersih-bersih disini, jadi mulai aja nih?” Dia bilang langsung aja. Tapi setelah itu, temen-temen saya ketawa. Dipikir-pikir, iya juga ya. Orang yang namanya diundang itu biasanya ke acara nikahan, atau ada seminar. Lha ini, bersih-bersih taman ganesha. That’s so… -_-”

Awalnya kami (anak asrama putri) berencara buat cabut sekitar setengah jam kemudian. yang penting setor muka deh ~ tadinya begitu. Makanya salah satu dari kami sengaja banget pake jaket asrama😀. Tapi ternyata, bersih-bersih setengah jam dapat apaan. Akhirnya tanpa terasa kami pun bersih-bersih dengan sepenuh hati. Karena melihat banyak peserta bersih-bersih lainnya yang juga bersemangat, bahkan bukan hanya anak muda, ada orang tua juga. Luar biasa memang. Ketika semua orang menuju visi yang sama, dalam hal ini untuk membuat taman ganesha bersih, semua bisa berbaur. Bahkan saya gak sadar mulai ngobrol sama warga yang ikutan bersih bersih. Atau juga gak sadar kerja bareng sama anak jurusan lain (kayaknya biologi) secara profesional–>tanpa banyak bicara, tapi gesit masuk-masukin sampah ke trash bag.

Habis dari taman ganesha, meluncurlah ke asrama dan rasanya pingin pingsan (lebay sih). Rasanya pingin minum jus dua gelas atau es krim. Sayangnya di asrama cuma ada air putih bung ~

Kegiatan bersih-bersih saya belum beres. masih ada piekt asrama dan nyuci yang seabrek-abrek gara-gara minggu kemarin gak nyuci. Huaaa setelah beres benar-benar out stamina. Sampai gak kerasa ketiduran sambil dengerin radio di HP. Mungkin memang saya tidak mendapatkan fee apapun untuk kegiatan bersih-bersih ini, tapi banyak hal menarik yang saya dapatkan saat kerja bakti. Hikmah yang bisa saya ambil: ketulusan dan menjadi bagian dari masyarakat. Sudah jadi rumor umum bahwa anak ITB itu terkenal individual dan yang dipikirin cuma rumus-rumus atau nilai bagus. Kurang memasyarakat apalagi peduli lingkungan. Tapi di acara tadi, rasanya bangga menjadi mahasiswa ITB, karena semua warga juga terlihat berterimakasih ada kegiatan seperti itu. Saya mendengar banyak tawa disela-sela kerja bakti. Juga gotong royong satu sama lain. Terlihat klise, tapi kali ini cerita klise itu benar-benar terjadi.

Yah, semoga, untuk kegiatan kerja bakti atau semacamnya yang nanti bakal ada, bisa lebih banyak lagi yang berpartisi. Dengan begitu, gerakan peduli lingkungan bukan hanya jadi tagline saja, tapi benar-benar diwujudkan secara nyata. Start from a little thing towards a big thing.

One thought on “my all-day sunday was cleaning

Leave a Reply

