Tentang Fokus, Target, dan kontrak terhadap diri sendiri

Target dan mimpi, dua hal yang selalu orang-orang ingatkan untuk selalu dimiliki. Katanya, tanpa dua hal itu, kita tidak bisa apa-apa. Benarkah kawan? Sepertinya kita musti percaya. Karena mau tidak percaya pun, memang dua hal itulah yang pasti dimiliki oleh seseorang. Meskipun mimpinya itu bisa dibilang mimpi ecek-ecek, itu katanya lebih baik daripada orang yang tanpa mimpi. Karena dengan mimpi pula, kita bisa menjadi orang yang setidaknya tahu apa yang harus dilakukan untuk besoknya. Tapi, kadang mimpi kita sering menjadi lemah, kadang karena ketika kita tidak semangat, atau kadang karena kita terlalu pesimis bahwa kita tidak bisa menggapai mimpi itu. Mimpi yang kita punya, sudah susah payah kita pasangkan target yang tinggi. Tapi, tidak jarang ketika kita gagal suatu kali, kita langsung merasa bahwa kita tidak bisa. Bolehkah kita begitu? Lalu apa hak kita untuk menyangkal? karena hal-hal seperti itupun adalah hal yang manusiawi.

Tapi, beberapa kejadian terakhir yang terjadi pada saya mengingatkan saya kembali pada mimpi-mimpi saya. baru saja ada pembinaa aktivis asrama yang pematerinya Kak Fahmi TK -09. Beliau menjelaskan tentang manajemen waktu. Oh, oke, klise memang karena materi semacam ini sudah banyak saya ikuti bahkan sejak masuk ITB karena diwajibkan ikut SSDK (red: Strategi Sukses Di Kampus). Itu lho, yang katanya wajib buat anak TPB. Tapi, untuk materi tadi ada hal yang aku garis bawahi yaitu tentang kemajuan teknologi di daerah Asia khususnya Korea Selatan. Saya kira semua orang musti ikut mengakui itu. Korea selatan yang mungkin sekarang tidak hanya dalam bidang seni dan budayanya saja, mereka juga ikut meramaikan pasar teknologi khususnya smartphone. Sedikit menyebut merk, Samsung, merupakan hasil karya Korea Selatan yang sekarang bahkan mampu berhadapan dengan teknologi apple yang terkenal wah. Kenapa mereka bisa semaju itu ya? Katanya ada satu mimpi bersama yang dimiliki oleh orang Korea: Mengalahkan Jepang dari berbagai hal. Terdengar agak aneh memang. Keduanya berasal dari negara asia. keduanya memiliki topografi daerah yang cenderung kecil. Tapi mimpi Korea itulah yang mengantarkan mereka pada kemajuannya sekarang ini. kalau yang Ust. Hermawan bilang, kalau mau belajar untuk maju, belajarlah pada bangsa yang sedang on Fire! seperti bangsa Korea Selatan itu!

Fokus pada target yang telah kita ciptakan dari mimpi-mimpi. Tidak mudah, memang. Bahkan jalan fokus ini sering terdistract oleh hal-hal yang gak penting banget. Tapi, saya beberapa waktu lalu menemukan cara yang lumayan oke untuk mengatasi fokus ini. Caranya adalah membuat kontrak dengan diri kita sendiri. kontrak? yap. Kalau biasanya kontrak sering harus ada yang kita tanda tangani, lalu ada saksi dan hukum ya ng mengikat, maka kontrak dnegan diri sendiri ini agak lain. Untuk saksi, cukup nurani kita dan…. Allah (agak berat memang). Tapi, tentu dengan target tertentu. Misal: saya gak bakalan nonton anime sampai musim ujian beres. kalau dapat nilai jelek, janji gak nonton sampai seminggu kedepan. Nah, ini pernah saya lakukan duluuuu banget waktu di MTs. Oke, lumayan efektif. Mungkin gak ada salahnya mencoba lagi untuk sekarang. Mungkin dnegan cara itu juga, kita bisa mencapai target yang kita inginkan.

Yah, overall, hidup itu memang perjuangan dan pilihan. Apa yang ingin kita lakukan, kita yang berhak memilih. hanya saja, ada kewajiban yang pasti bakal kita hadapi setelah melakukan pilihan itu: tanggung jawab terhadap pilihan. Mungkin seperti kata Pak Adit dosen antenna saya: Saya tidak masalah kalian masuk kuliah atau tidak, kalau kalian merasa sudah bisa belajar dari buku dan diktat saja, lalu datang waktu ujian, saya tidak masalah, itu pilihan kalian. Hanya saja, saya tidak menjamin kalian bisa menjawab soal-soal ujian, itu konsekuensinya.😀

Leave a Reply

