Tafsir Salah karena Ilmu yang setengah-setengah

Hari ini saya mengikuti lomba Olimpiade Alquran (OA) ITB bidang Karya Tulis (KTIQ). Kebetulan, setelah diseleksi, karya tulis saya masuk kedalam 10 besar. Rasanya tidak se-wow dulu (waktu tingkat satu juga lolos malah jadi juara 2), entah kenapa. Dan untuk para finalis 10 besar itu, hari ini adalah jadwal presentasi tiap karya tulis. Sebenarnya OA hari ini juga ada kaligrafi, tahfidz, juga tartil, LCC, dll. Oya, judul karya tulis saya adalah “Al-Quran: isyarat teknologi pada masa dulu, sekarang, dan akan datang”. Subtopiknya tentang teknologi telekomunikasi. untuk lebih mensuasanakan al-quran, saya tambahkan beberapa ayat terkait.

Rasanya, ssebelum presentasi, jantung tidak berhenti berdegup cepat, tangan menjadi dingin dan suara jadi tercekat. Waktu giliran tampil, saya merasa bahwa suara saya benar-benar seperti yang capai habis berlari jauh, ngos-ngosan. Akhirnya selesai juga dan barulah saya merasa lega kembali. Yang membuat saya agak gusar di tempat itu juga, tepat setelah saya selesai presentasi, salah satu peserta OA lainnya bertanya pada saya tentang tafsir Saba: 10. Begini bunyinya:

“wahai gunung-gunung dan burung-burung ! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, dan Kami telah melunakkan besi untuknya”

Nah, saya disini meng-highlight tentang melunakkan besi. Lalu saya tambahkan pada saat presentasi: Apakah maksud besi yang lunak? lalu saya tuliskan disana bahwa besi lunak adalah semacam magnet yang mampu memperkuat sinyal medan. Masalahnya adalah, orang yang tadi bertanya tentang tafsir surat itu menyanggah:

“Setahu saya, azbabun nuzul surat tadi tidak ada kaitannya dengan magnet sama sekali. Disini yang dimaksud besi yang lunak adalah memang mukjizat nabi daud dalam membuat besi yang menjadi lunak”

Azbabun Nuzul adalah sebab musabab turunnya ayat Al-quran. Jujur, saya tahu azbabun nuzul surat itu. Lalu saya jawab bahwa saya bukan menafsirkan, tapi mengaitkan dengan ilmu pengetahuan sekarang. Tapi orang tadi lalu memberitahukan bahwa murobbinya pernah bilang bahwa sengaja mengait-ngaitkan suatu ayat terhadap hal lain padahal yang Allah maksudkan bukan itu dilarang. Karena bisa jatuh menjadi tafsir liberal (bebas). Jujur, saya kaget. Baru tahu nih. Lalu setelah berdebat panjang agak lebar, saya mengakui tiga hal: 1) Saya tahu azbabun Nuzul surat itu sejak awal. 2) Saya tidak tahu bahwa tidak boleh sembarang mengaitkan ayat. 3) Saya bukan ahli tafsir apapun, jadi saya masih orang awam. Lalu saya jelaskan bahwa saya mengambilnya dari salah-satu tulisan di internet tentang teknologi radar dari perspektif islam. Saya sebut merek saja ya: eramuslim. Kalau ada yang mau baca, silakan klik: http://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/radar-teknologi-terkini.htm#.UShDKDfuqc4. Nah, saya bilang juga ke dia, mungkin yang menulis tulisan itu juga tidak tahu tentang hal yang dibahas itu. Dia akhirnya manggut-manggut setelah saya mengaku salah.

Rasanya maluuuu sekali. saya kelihatan banget gak tahunya, terkesan ngasal. Tapi yang membuat saya khawatir, saya takut dikira JIL malah. wahaha… :p ya JIL itu Jaringan Islam Liberal karena akunya yang ngasal ngait-ngaitin ayat dengan apapun. Ternyata memang, kalau kita belum tahu suatu ilmu atau suatu berita tanpa kejelasan apapun, kita tidak boleh asal mengambil kesimpulan. Salah-salah kayak saya tadi. Malu luar biasa. Kalau udah kayak gini, agak terasa Hopeless juga…😦

Tapi, saya jadi bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut. Saya juga semakin ingin menggali ilmu lebih jauh lagi. Semoga, suatu kali nanti saya tidak seperti ini lagi. Tafsir salah karena setengah-setengah.

6 thoughts on “Tafsir Salah karena Ilmu yang setengah-setengah

Leave a Reply

