Pengolahan Sinyal dan Filter

kuis tadi katanya (harusnya) dari materi awal. eh, ternyata kuis dari materi yang baru diajarkan. hm.
okelah, walaupun baru diajarkan, tapi seperti biasanya, pengsin itu salah satu kuliah yang cukup membuat pusing. ternyata, setelah selama ini belajar banyak dari transformasi fourier waktu diskrit (TFWD), lalu transformasi fourier diskrit(TFD), lalu transformasi z dan lainnya, intinya menju ke satu: filter. hmmmmm.
filter sendiri yang udah aku pelajarin ada 2: FIR dan IIR. Mau tahu bedanya? okelah aku jelasin.
1. Finite Impulse Respons
merupakan filter dengan respon impuls terbatas. jadi masukan dari sistem gak ngelooping gitu. untuk mendesain filter jenis ini bergantung pada 2: window dan jenis filter yang diminta.
Jenis filter yang diminta, ada 4: low Pass Filter (LPF), High Pass Filter (HPF), Bandpass filter (BPF), dan Band Stop Filter (BSF). nah, untuk window itu tergantung pada redaman stopbandnya berapa.
2. Infinite Impuls Respon (IIR)
nah, bedanya dengan FIR, IIR ini ada feedback dalam sistemnya. jadi nge looping gitu lo. untuk mendesainnya itu bisa dari filter digital. flter digital yang sering digunakan itu ya kayak Butterworth, Chebisev1 dan 2, terus ada elliptical. nah, kalau udah gitu tergantung juga, mau pakai metode billinear atau impuls invariant. kalau pakai billinear, gak linier persamaan omeganya. kalau pakai impuls invariant ya sama-sama aja kalau di transformasi kan.
wah… kayaknya agak membingungkan memang. tapi inilah kuliahnya anak telkom. mainannya filter… hehehe. Mungkin lain kali kalau aku lagi gak males nulis, bakal dijelasin tentang filter ini. sip sip.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s